Kamis, 21 Agustus 2008

Mengganti Attribute File yang Tersembunyi

21.06.07
Kategori : Tips & Trick, Tutorial | Print This Post

Salah satu aksi kebanyakan virus lokal yang menyembunyikan file/folder seringkali membuat kita panik. Virus-virus tersebut akan mengelabui kita dengan cara menyembunyikan file/folder yang asli dan menggantinya dengan tipe file baru (milik virus) yang seolah-olah seperti file/folder milik kita. Mungkin antivirus dengan update database terbaru sudah dapat mendeteksi dan menghapus keberadaan virus tersebut, tapi bagaimana file/folder kita yang disembunyikan tadi? Tenang, kemungkinan file/folder tersebut masih ada. Untuk memastikannya anda bisa menggunakan Command Prompt Dos untuk mengubah attribut file yang hidden.
Klik Start Menu -> Run
Ketik “CMD” (tanpa tanda petik) lalu Enter/Ok.
Muncul Jendela Command Prompt.
Langsung ketik “attrib -h -r -a -s [lokasi file atau folder]” (tanpa tanda petik)

contoh:
Anda menyimpan file dokumen word di folder DATA dalam Flash Disk dan Windows Explorer mengenali Flash Disk tersebut sebagai drive F: Coba masuk ke Command Prompt, dan langsung ketik:

attrib -h -r -a -s f:\*.* /S /D
tekan enter

atau

attrib -h -r -a -s f:\data\*.doc /S /D
tekan enter

Untuk keterangan lengkap tentang command attrib ini
ketik “attrib /?” (tanpa tanda petik) lalu enter

Sekarang coba lihat isi Flash Disk anda melalui Windows Explorer. Jika data tersebut memang belum terhapus, kemungkinan akan muncul kembali di dalam Flash Disk anda.

Cara yang lebih praktis untuk mengganti attribut file tanpa melalui Command Prompt adalah dengan menggunakan software utility Attribute Changer. Setelah di Install, anda tinggal meng-klik kanan file/folder/drive di komputer yang akan diubah attributnya, lalu pilih menu Change Attribute.. (sumber: BanjarCreativeLabs)

Tidak ada komentar: